Selasa, 25 September 2012

tanda pengenal pramuka


TANDA PENGENAL PRAMUKA

Hay guys kali ini kita anak JatSed mau cerita sedikit tentang tanda pengenal pramuka.pertama tama kita mau jelasin warna baju lapangan JatSed angkatan 2012/2013,buat yang jatayu warna hijau dan kuning adalah warna yang berarti kemakmuran dan bagi yang sedayu warna hijau adalah kemakmuran dan yang warna merah muda artinya warna keanggunan seorang wanita.habis ini kita mau jelasin sedikit tentang tanda pengenal pramuka.
1.   Tanda Umum
Dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.Macamnya : Tanda tutup kepala, setangan / pita leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM.
2. Tanda Satuan
Menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka bergabung.Macamnya : Tanda barung / regu / sangga, gugusdepan, kwartir, Mabi, krida, saka, Lencana daerah, satuan dan lain-lain.
3. Tanda Jabatan
Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan Pramuka.Macamnya : Tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, sulung, pratama, pradana, pemimpin / wakil krida / saka, Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.
4. Tanda Kecakapan
Yaitu, suatu tanda untuk menunjukan kecakapan sesama anggota pramuka.
ü  Tanda Kecakapan Umum (TKU);
a.    Siaga                      : Mula – Bantu – Tata
b.   Penggalang             : Ramu – Rakit – Terap
c.   Penegak                  : Bantara – Laksana
d.   Pandega                  : Pandega
.ü  Tanda Kecakapan Khusus (TKK);
Yaitu tanda yang menunjukan kecakapan, keterampilan, ketangkasan, atau keahlian pramuka dalam bidang-bidang yang khusus atau tertentu.
Makasih guys udah baca artikel kita......makasih juga waktunya.SEE YOU.....by writer 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


~Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia~